Penelitian

Peningkatan Motif dan Gaya Berjualan Daring Pada Masa Pandemi Covid-19

AZIZAH DES DERIVANTI
Publish : 2020 | -


Artikel ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan motif dan gaya berjualan daring dan implikasinya terhadap gaya belanja selama pandemi Covid-19 di Indonesia. Penelitian dilandasi oleh teori perubahan motif dan gaya berjualan yang berkembang dari AIDMA (Attention, Interest, Desire, Memory, Action) menjadi AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share) serta teori Theory of Planned Behavior (Ajzen, 2005). Untuk menjawab masalah penelitian, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif: studi kasus deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan sebelum adanya pandemi Covid-19, sebenarnya sudah mengalami perubahan motif dan gaya penjualan dan gaya belanja, yaitu dari AIDMA (Attention, Interest, Desire, Memory, Action) menjadi AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share). Sedangkan pelaku konsumen aktif yang rajin melakukan rating, review dan recomendation (3R). Setelah pandemi Covid-19, terjadi peningkatan dan perluasan pada jumlah dan jenis produk dan segmen yang meluas pada segmen generasi X, Y, dan Z.

Visit Original